Dua puluh ribu

14 Nov

Apa sih arti uang dua puluh ribu? Saya juga tidak pernah memikirkannya sampai suatu hari di P6–angkutan umum yang biasa saya naiki dari Grogol menuju Cawang (ketika trayeknya belum berubah menjadi Grogol-Kampung Rambutan)-ada anak kecil dan Ibunya yang pengamen. Mereka bernyanyi sepanjang jalan dan berhenti ketika bus sudah mendekati daerah Pancoran.

Saat mereka menyodorkan wadah plastik bekas kemasan permen, lebih banyak penumpang yang hanya memberi senyum dan kata maaf dibanding memberi receh. Entah kenapa pada saat itu, lembaran hijau dua puluh ribu rupiah yang diangsurkan seorang penumpang kepada kenek bus memberikan lebih dari sekedar pemikiran ke dalam benak saya.

Pecahan20000rupiah

Betapa mudahnya lembaran hijau itu sehari-hari berpindah tangan dari dompet saya ke tangan penjual pernak-pernik aksesoris sementara mungkin ada satu keluarga kecil yang berusaha bertahan hidup hari ini hanya dengan selembar uang dua puluh ribu itu.

Betapa ironis kadang di saat orang tidak menyadari dan hanya memikirkan kesenangan belaka, mereka tidak lagi merasakan iba dan prihatin terhadap sesamanya yang betul-betul membutuhkan.

 

Hanya selembar kertas hijau, yang mungkin hanya cukup untuk sekali makan di mal tapi bisa memberi nafkah untuk orang lain. Itulah mengapa saya percaya bahwa hal kecil yang kita lakukan mungkin bisa berarti besar bagi orang lain🙂

2 Responses to “Dua puluh ribu”

  1. Richard Fang @ Jurus Grafis November 25, 2009 at 22:52 #

    klo masalah kayak gitu sih dunia ga adil dan ga akan pernah adil selama uang masih menjadi ‘jembatan’ yang mau ga mau harus di lewatin semua orang..

    ah jadi mikir post apocalypse, saat itu nanti masih ada uang ga ya? hehehe

    • singingbelly November 25, 2009 at 23:25 #

      Wuah.. pikiran lo soal post-apocalypse masih seperti yang dulu yah? Hahaha.. iya uang tuh uda salah-fungsi banget! G kadang mikir, mungkin semua akan lebih baik kalau tanpa uang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: