The world will go NAKED

25 Nov

Selesai membaca e-book Seth Godin -Who’s There-, saya serasa mendapat “badai otak” yang sesungguhnya. Saya langsung memperbaiki blog pribadi saya yang tadinya diisi dengan posting-posting tidak bermanfaat.

Entah sejak kapan, dunia ini berubah menjadi “telanjang”. Sekarang semua seolah dituntut untuk menanggalkan topeng dan bersikap jujur dalam menjalankan bisnis. Tipuan-tipuan yang tadinya berhasil di jaman dulu sekarang tersingkir oleh kejujuran dan sikap apa adanya – yang diterapkan oleh pengusaha-pengusaha jaman modern.

Proses seleksi berlangsung secara alamiah. Pebisnis dan pengusaha yang masih tidak mau memahami aturan main akan terpental dengan sendirinya, karena di masa sekarang ini kuantitas orang-orang yang berganti titel dari karyawan menjadi bos kian marak. Itu berarti persaingan kian ketat.

Pilihan menjadi amat beragam bagi konsumen, dan hal ini menjadikan konsumen dengan sendirinya menyeleksi yang terbaik. Mutu dan kualitas pelayanan yang baik akan dielu-elukan sementara yang buruk akan jatuh ke dasar jurang.

Semua serba cepat, cepat tapi bukan instan. Memahami apa yang ditawarkan teknologi saat ini dan apa yang dicari oleh audience kita mungkin adalah tindakan yang harus secepatnya dilakukan. Karena seperti dikatakan Seth Godin, dunia sekarang membentuk clutter, lautan audience yang bebas untuk memilih atau menenggelamkan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: