To love is to be loved

28 Dec

Misa malam natal kemarin, pastor yang memimpin misa berbicara berulang-ulang tentang bagaimana seseorang yang merasa dikasihi, tidak akan merasa hidupnya sia-sia dan tidak ada gunanya.

Selama 20 tahun saya mengikuti perayaan Natal dan selalu mendengarkan cerita mengenai kelahiran Yesus, namun pemahaman mengenai cerita itu baru saya dapatkan kemarin, pada saat pastor menceritakan kembali mengenai bagaimana kelahiran Yesus di palungan sebagai suatu hal yang menggembirakan.

Seseorang belum bisa betul-betul mengasihi jika ia sendiri tidak merasa dikasihi, manusia sering sekali merasakan penolakan, sakit hati dan kekecewaan. Bahkan terkadang orang tua sendiri pun tidak dapat menerima anaknya apa adanya.

Hal-hal seperti itu akan membuat manusia seperti kita merasa bahwa orang-orang di sekeliling kita tidak ada yang peduli dan menyayangi kita. Bahkan kadang Tuhan pun dianggap menjauhi dan meninggalkan kita.

Perasaan-perasaan seperti itu muncul karena dunia memberikan syarat jika seseorang ingin disayangi. Harus menjadi sesuatu, barulah dunia ini mau menerima.

Lalu kalau gagal menjadi sesuatu?

Dunia mendadak menghilang, orang-orang di sekeliling kita memandang rendah dan kadang bahkan diri sendiri pun menolak untuk menerima bahwa gagal bukan berarti mati.

Hidup berjalan terus.

Yang tidak dipahami manusia adalah bahwa Tuhan itu selalu menganggap kita seperti bayi. Tuhan tidak pernah memberi syarat untuk menerima kita, Dia tidak pernah menjauhi kita kalau kita tidak bisa bicara, tidak mencemooh kalau kita jatuh saat sedang belajar merangkak, Dia selalu ada untuk mengusap punggung kita jika kita menangis keras.

Jika manusia sudah bisa memahami ini, segalanya akan tampak jauh lebih baik. Manusia bisa merasakan bahwa Tuhan selalu ada untuk mengasihi kita, baik dalam susah maupun senang. Dan manusia yang sudah merasa dikasihi ini, akan mengasihi orang lain dengan sungguh-sungguh J

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: