A global TV named arirang

3 Jan

Tidak banyak bahkan mungkin jarang sekali bisa menemukan konsep TV lokal yang siarannya ditujukan untuk internasional. Baru-baru ini saya menemukan stasiun TV Korea yang benar-benar mendedikasikan diri untuk melakukan siaran dengan kualitas internasional. Stasiun TV itu adalah ARIRANG, betul-betul Korean style in every way!

Mulai dari disain, jingle, musik, dan acara-acara yang ditayangkan pun adalah yang menampilkan kebudayaan Korea yang dikemas untuk disajikan secara internasional. Kebanggaan akan budaya dan negeri mereka, menjadi kekuatan utama stasiun TV yang disiarkan dalam 7 bahasa ini. Sebelumnya mereka hanya menyediakan 4 bahasa pilihan; Inggris, Mandarin, Perancis dan Arab. Kini siaran mereka merambah ke bahasa Rusia, Vietnam, bahkan Indonesia!

Saya benar-benar takjub dengan komitmen mereka dalam merepresentasikan negara mereka. Meskipun acara yang ditayangkan adalah drama Korea, teks bahasa inggris selalu menyertai sehingga audiens yang asing dengan bahasa Korea dapat dengan mudah menikmatinya. Mereka juga secara intens mempromosikan dunia showbiz, musik bahkan game –mereka menayangkan satu acara yang membahas game buatan lokal untuk mendukung produktivitasnya.

Tidak hanya itu, mereka juga menayangkan acara harian untuk belajar bahasa Korea, “Let’s Speak Korean”. Acara ini bahkan dikembangkan menjadi acara game yang dapat dinikmati seminggu sekali. Yang menjadi bintang tamu untuk bermain di acara Let’s Speak Korean The Game biasanya orang-orang asing yang tidak fasih, efek samping dari acara ini membuat penonton seperti saya berpikir kalau bahasa Korea sama sekali tidak sulit dan bisa menjadi materi yang sangat fun.

Di tengah maraknya sinetron dan reality show serta virus acara musik live yang sama sekali tidak mendidik, ARIRANG adalah inspirasi baru bagi saya. Meskipun dalam konteks TV global, program yang ditayangkan stasiun TV Korea ini sama sekali ringan. Reality show yang ditayangkan adalah tentang kisah hidup inspiratif warga Korea  sehari-hari yang penuh motivasi positif. Saya ingat waktu itu ada satu pegawai kepolisian yang ternyata adalah orang Indonesia. Dia menikah dengan wanita Korea dan menetap disana. Kehidupannya yang penuh suka duka dijalani dengan semangat.

Infotainment pun disajikan secara manis dan hangat, tidak dibuat-buat dan lebih bertujuan untuk mempromosikan dunia hiburan Korea. Berita tentang artis ataupun resensi film dibahas dengan detil-detil yang mengacu pada komentar positif.

Mungkin suatu hari, jika semua negara berkomitmen untuk memiliki satu stasiun TV lokal yang disiarkan global, yang memiliki kompetensi seperti ARIRANG, TV bukan lagi idiot box bagi masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: